Sabtu, 27 Februari 2010

Contoh Kasus Logika Pemrograman

Sebuah program aplikasi dibuat bukan semata-mata langsung secara simsalabim maka jadilah program yang diinginkan. Untuk memahami bagaimana cara dalam pembuatan program dapat dikatakan gampang-gampang susah [untuk sebagian orang]. Sebelum membuat suatu program yang diimplementasikan pada salah satu bahasa pemrograman yang telah dikuasai akan terasa mudah bagaikan mengetik suatu surat bebas untuk orang yang kita kenal.
Tetapi alangkah lebih baiknya, sebelum membuat suatu program dengan salah satu bahasa program yang ada, permasalah di tuangkan dalam dokumentasi dari hasil analisa berupa coretan atau bahkan dokumentasi secara rapih pada suatu kertas.
Hal ini sangatlah membantu jika ternyata dikemudian hari terdapat kekeliruan hasil program dengan apa yang diharapkan.
Dokumentasi hasil analisa akan sangat membantu sebelum dan sesudah di implementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.
Yang harus lebih diperhatikan dalam logika pemrograman adalah melakukan analisa sedetail mungkin, karena hal ini akan terasa lebih sulit dan berbahaya jika hasil analisa telah diimplementasikan dalam suatu bahasa pemrograman.

Kesalahan Logika akan berakibat fatal pada suatu program. Untuk itu disini akan saya coba berikan sedikit contoh-contoh kasus yang mungkin dapat membantu dalam berlatih logika dan pemrograman.

KASUS I
Seorang siswa akan melakukan perhitungan penjumlahan 2 buah bilangan. kedua bilangan tersebut haruslah bernilai positif, jika salah satu bilangan tersebut ada yang bernilai negatif maka penjumlahan 2 bilangan tersebut harus dibatalkan.
Sekarang cobalah buat Algoritma dan program Pascal untuk Kasus tersebut!

KASUS II
Ayah akan mencat ulang tembok rumah yang berukuran 146m x 64m. Ayah telah membeli 5 galon cat berwarna biru. Satu galon cat dapat digunakan untuk mengecat tembok maksimal 10m x 7m. Berapakah jumlah galon cat yang dibutuhkan serta berapa jumlah galon cat yang harus dibeli untuk menambah kekurangan cat tersebut.
Sekarang cobalah buat Algoritma dan program Pascal untuk Kasus tersebut!

2 komentar: